Makam Karang, Pulau Bahuluang Selayar

      No Comments on Makam Karang, Pulau Bahuluang Selayar

Cart

Membahas tentang alam, maka tak akan ada habisnya untuk ditelusuri. Dari hutan, gunung, dan lautan, alam menyediakan banyak panorama yang membuat kita tak henti-hentinya untuk takjub.

Seperti kali ini, akan dibahas sedikit tentang panorama bahari yang ditawarkan oleh alam dari bumi tanadoang kabupaten kepulauan selayar. Bahuluang, mungkin sudah cukup akrab terdengar ditelinga penduduk lokal. Namun masih cukup asing untuk orang-orang yang berdomisili diluar kabupaten selayar. Merupakan sebuah pulau kecil yang terpisah dari daratan kabupaten kepulauan selayar. Pulau yang sedikit banyak terbentuk dari karang mati yang menumpuk dan membentuk sebuah daratan.

Letaknya sendiri adalah dibagian selatan daratan selayar, sekitar 40 menit dengan akses perahu dari pelabuhan appatanah yang letaknya paling selatan daratan selayar atau sekitar 2 jam dari pelabuhan benteng yang terletak ditengah-tengah kota benteng.

Pulau Bahuluang menawarkan keindahan pantai pasir putih dan pesona makam karang serta keindahan bawah laut yang masih sangat terjaga. Bisa diketahui sendiri makam karang adalah pulau yang terbentuk oleh patahan karang yang mati dan terbawa arus sehingga membentuk pulau kecil. Konon orang lokal mempercayai pulau ini dibentuk oleh seekor gurita raksasa. Selain Makam karang, Pulau Bahuluang juga menawarkan keindahan bawah laut dan air laut yang sangat jernih.

Menjadikan Pulau Bahuluang cocok untuk olahraga diving dan snorkling. Karena akses ketempat ini harus meyebrangi laut, maka kita bisa menggunakan jasa kapal kayu atau perahu milik penduduk sekitar dengan tarif kisaran 400-700 ribu rupiah dengan kapasitas penumpang sampai 20 orang. Sebelum ketempat ini, ada baiknya terlebih dahulu menghubungi pemilik perahu karena biasanya perahu tidak ready setiap hari.

Satu lagi, untuk keliling dipulau Bahuluang, anda disarankan untuk menyiapkan bekal terlebih dahulu karena belum ada penjual makanan disekitar tempat wisata ini. Jangan lupa juga membawa perlengkapan diving atau snorkling atau anda akan menyesal tidak mencicipi bawah lautnya.

(selayarnews/ayokeselayar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *