Global Tiger Day 2017

      No Comments on Global Tiger Day 2017

Cart

Indonesia pernah menjadi rumah atas 3 dari 9 jenis harimau yang ada di dunia, harimau jawa, harimau bali dan harimau sumatera. Saat ini tinggal harimau sumatera yang tersisa.

Berdasarkan data tahun 2004, jumlah populasi harimau sumatera di alam bebas hanya sekitar 400 ekor saja. Sebagai predator utama dalam rantai makanan, harimau mempertahankan populasi mangsa liar yang ada di bawah
pengendaliannya, sehingga keseimbangan antara mangsa dan vegetasi yang mereka makan dapat terjaga.

Humas Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengatakan Harimau sumatera menghadapi dua jenis ancaman untuk bertahan hidup: mereka kehilangan habitat karena tingginya
laju deforestasi dan terancam oleh perdagangan illegal dimana bagian-bagian tubuhnya diperjualbelikan dengan harga tinggi di pasar gelap untuk obat-obatan tradisional, perhiasan, jimat, dan dekorasi.

Global Tiger Day (GTD) atau Peringatan Hari Harimau Sedunia merupakan peringatan tahunan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap konservasi harimau di dunia. Peringatan ini disepakati pada pertemuan tingkat tinggi di Saint Petersburg dalam Tiger Summit pada tanggal 29 Juli 2010, dilandasi dengan kondisi populasi harimau yang mendekati kepunahan. Sejak tahun 2013, GTD telah diselenggarakan di Indonesia yakni di beberapa kota di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa dengan melibatkan lembagalembaga penggiat konservasi yang berkomitmen membantu pelestarian satwa kharismatik ini.
Salah satu tujuan peringatan GTD, sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Kehutanan Nomor 45 tahun 2007 tentang Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Harimau Sumatera adalah untuk untuk meningkatkan dukungan masyarakat terhadap upaya konservasi harimau baik di dalam maupun pada tataran global.(KementianLHK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *